Minggu, 20 Mei 2018

Tips Memilih Nanas Terbaik untuk Hidangan

Tips Memilih Nanas

pemasok nanas madu belik pemalang - Siapa yang tidak kenal dengan buah berwarna kuning yang satu ini? Ya, nanas atau pineapple ini yaitu buah cantik yang datang dari Brazil, Bolivia dan Paraguay. Buah yang identik dengan warna kuning dan berkulit tidak rata ini memang terlihat ciri khas dan berlainan dari buah biasanya.

Nanas tumbuh lebih rendah dan memiliki 30 atau lebih helai daun yang panjang, tajam dan memiliki duri kecil di tepian daun yang melingkari bagian batangnya. Daging buah nanas memiliki warha kuning cerah yang lembut dengan kandungan air yang banyak terkandung vitamin C.

Mengetahui buah nanas sangat mudah. Buah ini memiliki kulit yang bersisik tajam. Bentuk kulit yang seperti berikut yang sering menyusahkan kita untuk menggenggang nanas, dan mengupasnya.

Tapi, bagaimana bila hanya memegangnya saja kita telah kesusahan? Lalu, bagaimana kita harus memilih buah nanas yang paling baik untuk dipakai jadi sajian. Rupanya, terdapat beberapa cara memilih nanas yang baik yang dapat Kamu kerjakan. Berikut ini ada 4 tips memilih nanas paling baik untuk sajian. Simak ya.

1. Cium Aromanya
Aroma nanas dapat jadi tandanya khusus bagus tidaknya sebuah nanas. Nanas yang sudah masak, juga akan keluarkan aroma yang relatif manis. Bila nanas tidak memiliki aroma, itu berarti nanas itu belum juga masak.

Saat mencium baunya, perhatikan juga dengan cermat apakah aroma manis itu ada aroma fermentasi atau tidak. Bila aroma nanas terlalu manis atau masak seperti aroma alkohol dan serupa cuka, maka nanas itu tidak baik. Baiknya, janganlah diambil.

2. Perhatikan Kulitnya yang Segar
Nanas yang baik jika diliat dari warna kulitnya juga akan terlihat kuning keemasan. Walau demikian, nanas yang hijau tidak bermakna masih tetap mentah ya. Beberapa nanas yang masak ada yang warna kulitnya masih tetap hijau.

Tapi, baiknya Kamu hindari memilih nanas dengan kulit yang telah berkerut, kulit berwarna coklat kemerahan, kulit yang retak atau bocor, terdapat jamur atau nanas yang daunnya telah layu berwarna coklat.

3. Daunnya Berwarna Hijau
Nanas yang baik dapat diliat dari warna daunnya. Pilihlah nanas yang memiliki daun berwarna hijau cerah. Nanas yang masak, daunnya dapat juga dipetik dari bagian atasnya dengan mudah.

Jika daunnya terlalu susah dipetik, bermakna nanas masih tetap belum juga masak. Tapi, apabila daunnya terlalu mudah untuk dipetik, bermakna nanas itu telah busuk. Jadi, perhatikan warna daun dan pilih dengan cermat.

4. Tekan Buah Nanas dengan Jari
Walau terlihat keras, tapi nanas yang telah masak semakin lebih empuk. Kamu dapat mengeceknya lewat cara menghimpit dengan jari. Bila saat ditekan nanas masih tetap terasa keras, berarti buah itu belum juga masak.

Tapi apabila terlalu empuk, mungkin saja nanas yang Kamu pegang telah terlalu masak dan bahkan juga hampir busuk. Jadi, cobalah tekan perlahan-lahan dan rasakan desakannya dengan cermat.

0 komentar:

Posting Komentar